Advertisement here

Fungsi Komponen Komputer

1. Power Supply

Power Supply berfungsi untuk mengaliri arus listrik untuk komponen - komponen atau hardware pada komputer dengan arus DC (arus searah), arus listrik yang masuk ke dalam power supply berupa arus AC (arus bolak-balik ) kemudian dikonverter (dirubah) menjadi arus DC (arus searah).



2. Motherboard

Fungsi motherboard yang pertama yaitu menyediakan tata letak terbaik, karena semua komponen pemerosesan yang penting dari komputer, seperti Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis, tertanam di motherboard. Dan, motherboard menghubungkan semua komponen ini. Ini dikenal sebagai Hub Komponen.



3. Processor

Fungsi processor yang paling penting ialah sebagai sebuah otak dari komputer, karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor. Processor mengintegrasikan keseluruhan komponen internal seperti komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya.



4. Memori (RAM)

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data atau instruksi program sementara pada suatu komputer.



5. Hardisk

fungsi hardisk sebagai tempat menyimpan segala macam data, file, serta dokumen. Dengan fungsi hardisk dalam menyimpan berbagai file tersebut, maka bisa dibilang harddisk adalah nyawa bagi seorang pengguna dalam komputer.



6. VGA

Fungsi VGA Card yang paling utama adalah untuk membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada monitor.





7. Sound Card

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.




Next Post Previous Post
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here